Diberdayakan oleh Blogger.

Rabu, 31 Oktober 2012

Diposting oleh Unknown

Hai Teman Teman

Mungkin banyak dari teman teman yang mengetahui could computing,juga mungkin ada beberapa yang tidak mengetahui tentang could computing, Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai could computing, semoga saja bermanfaat bagi teman teman sekalian.

Could Computing adalah istilah umum untuk segala sesuatu yang melibatkan host layanan pengiriman melalui Internet. Cloud computing memungkinkan konsumen dan bisnis untuk menggunakan aplikasi tanpa instalasi. Teknologi ini memungkinkan komputasi yang jauh lebih efisien dengan penyimpanan data pengolahan sentralisasi, dan bandwidth.
Komputasi awan namanya terinspirasi Karena ini melambangkan jangkauan yang luas di Internet. Awan yang dimaksud ini dapat bersifat menjual layanan kepada siapapun di internet / bersifat privat.Ketika penyedia layanan menggunakan sumber daya publik awan untuk menciptakan awan pribadi mereka, hasilnya disebut virtual private cloud.

Infrastruktur Service seperti Amazon Web Services menyediakan server virtual instanceAPI) untuk memulai, menghentikan, mengakses dan mengkonfigurasi virtual server dan storage. Dalam perusahaan, komputasi awan memungkinkan perusahaan untuk membayar hanya sebesar kapasitas yang dibutuhkan, dan membawa lebih online secepat yang diperlukan. Karena model bayar-untuk-apa-kau-gunakan menyerupai cara listrik, bahan bakar dan air dikonsumsi, itu kadang-kadang disebut sebagai utilitas komputasi.

Secara sederhana, Cloud Computing dapat kita bayangkan seperti sebuah jaringan listrik. Apabila kita membutuhkan listrik, apakah kita harus punya pembangkit listrik sendiri? Tentu tidak. Kita tinggal menghubungi penyedia layanan (dalam hal ini, PLN), menyambungkan rumah kita dengan jaringan listrik, dan kita tinggal menikmati layanan tersebut. Pembayaran kita lakukan bulanan sesuai pemakaian.

Kalau listrik bisa seperti itu, mengapa layanan komputasi tidak bisa? Misalnya, apabila sebuah perusahaan membutuhkan aplikasi CRM (Customer Relationship Management). Kenapa perusahaan tersebut harus membeli aplikasi CRM, membeli hardware server, dan kemudian harus memiliki tim TI khusus untuk menjaga server dan aplikasi tersebut?

Di sinilah cloud computing berperan. Penyedia jasa cloud computing seperti Microsoft, telah menyediakan aplikasi CRM yang dapat digunakan langsung oleh perusahaan tadi. Mereka tinggal menghubungi penyedia layanan (dalam hal ini, Microsoft), “menyambungkan” perusahaannya dengan layanan tersebut (dalam hal ini, melalui Internet), dan tinggal menggunakannya. Pembayaran? Cukup dibayar per bulan (atau per tahun, tergantung kontrak) sesuai pemakaian. Tidak ada lagi investasi di awal yang harus dilakukan.

Dari semua penjelasan di atas, apa sebenarnya kelebihan dari Cloud Computing, terutama bagi dunia bisnis? Berikut beberapa di antaranya.

Tanpa Investasi Awal

Dengan cloud computing, kita dapat menggunakan sebuah layanan tanpa investasi yang signifikan di awal.
Ini sangat penting bagi bisnis, terutama bisnis pemula (startup). Mungkin di awal bisnis, kita hanya perlu layanan CRM untuk 2 pengguna. Kemudian meningkat menjadi 10 pengguna.

Mengubah CAPEX menjadi OPEX
Sama seperti kelebihan yang pertama, kelebihan yang kedua masih seputar keuangan.
Tanpa cloud computing, investasi hardware dan software harus dilakukan di awal, sehingga kita harus melakukan pengeluaran modal (Capital Expenditure, atau CAPEX). Sedangkan dengan cloud computing, kita dapat melakukan pengeluaran operasional (Operational Expenditure, atau OPEX).

Lentur dan Mudah Dikembangkan

Dengan memanfaatkan Cloud Computing, bisnis kita dapat memanfaatkan TI sesuai kebutuhan.

Fokus pada Bisnis, bukan TI
Dengan menggunakan Cloud Computing, kita dapat fokus pada bisnis utama perusahaan, dan bukan berkecimpung di dalam pengelolaan TI. Hal ini dapat dilakukan karena pengelolaan TI dilakukan oleh penyedia layanan, dan bukan oleh kita sendiri.

Jadi,kesimpulan nya adalah Kesuksesan penggunaan cloud computing akan sangat ditentukan oleh kemampuan penyedia layanan dalam memberikan layanan yang tepat dan terbaik bagi pelanggan.





Sumber :http://searchcloudcomputing.techtarget.com/definition/cloud-computing
http://www.wikinvest.com/concept/Cloud_Computing
http://usi.feb.unair.ac.id/component/content/article/38-artikel-teknologi/209-cloud-computing-memahami-dan-penerapannya

0 komentar:

Posting Komentar